PEMKOT BAUBAU GELAR FORUM KONSULTASI PUBLIK AWAL RKPD 2022

BAUBAU - Pemkot Baubau menggelar Forum konsultasi publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah tahun 2022 Selasa (5/1/2022) di aula kantor Walikota Baubau. Walikota Baubau Dr H AS Tamrin, MH dalam sambutannya yang diwakili Sekda Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd mengatakan, forum konsultasi publk ini dimaksudkan untuk menentukan arah kebijakan pembangunan Kota Baubau tahun 2022 yang dibahas secara bersama dengan kepala SKPD dan pemangku kepentingan sesuai visi dan misi Kota Baubau yang tertuang dalam RPJMD tahun 2018-2023.  Karena itu, kepada seluruh stakeholder yang saat ini hadir pada forum konsultasi public untuk membangun komitmen bersama dalam menjaga konsistensi antara perencanaan,penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2022 yang akan sinergi dengan RAPBD tahun 2022. Selain itu, dapat memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif demi penyempurnaan RPKD Kota Baubau tahun 2022.

Menurut Roni Muhtar, pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2022 mengusung tema maju dan berbudaya.Tema ini merupakan penjabaran dan harmonisasi dari tema pembangunan yang berkesinambungan dan disusun secara berjenjang baik pemerintah pusat, provinsi maupun Kota Baubau. Sehingga, dengan demikian pihaknya optimisakselerasi laju pembangunan pada semua sektor di Kota Baubau dapat kita tingkatkan. “Tema tersebut diharapkan setiap SKPD dalam merumuskan arah kebijakan pembangunan berdasarkan prioritas pembangunan yang nantinya akan menjadi dasar dalam menentukan prioritas program/kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam RKPD Kota Baubau tahun 2022 berpedoman kepada RPJMD Kota Baubau tahun 2018-2023,”ujarnya mengutip pernyataan Walikota Baubau .

Ditambahkan, dokumen rancangan awal RKPD tahun 2022, perlu mensinergikan arah kebijakan nasional dan provinsi termaksud Baubau harus mengambil peran dalam mendukung Wakatobi dan 9 destinasi wisata sebagai kawasan pariwisata nasional , pemerataan pembangunan wilayah termaksud didalamnya konektivitas antar wilayah di 8 wilayah kecamatan, memacu pertumbuhan ekonomi di masa pandemic termaksud penyediaan vaksin covid-19 bagi masyarakat, pengembangan kawasan pjusat kegiatan wilayah kota Baubau dalam skala regional Sulawesi Tenggara sehingga terbentuk pusat-pusat pelayanan dasar bagi masyarakat, pengembangan UMKM, pertanian, pemanfaatan teknologi informasi dalam perwujudan reformasi birokrasi yang berbasis Smartcity termaksud salah satu nya pengembangan aplikasi Sipolima ASN.

Karena itu, jelas Roni Muhtar, agar tercipta konsistensi dan sinkronisasi dokumen perencanaan dan penaganggaran di tahun 2022 yang secara operasional perlu memperhatikan beberapa hal penting yakni, pertama, diperlukan langkah-langkah konkrit untuk pembatasan kendaraan bermotor dalam benteng keraton serta perlu mengusulkan benteng keraton menjadi kawasan dunia ke Unesco. Kedua, sayembara tugu pahlawan Oputa Yi Ko, penataan kawasan makam Oputa Yi Koo dan pembangunan museum Oputa Yi Koo. Ketiga, Implemetasi nilai-nilai PO 5 dalam kehidupan masyarakat. Keempat, Penyelesaian jalan lingkar dan jalan bypass Lakologou-batulo. Kelima, pembangunan rumah jabatan walikota, wakil walikota, ketua DPRD dan Sekda. Keenam, penyelesaian tanah bandara dan jembatan Buton-Muna. Ketujuh, Perluasan kawasan simpang lima. Kedelapan, pembangunan taman kota depan gereja GPIB. Kesembilan, Pemeliharaan/pembersihan asset eks Kabupaten Buton. Kesepuluh, Pengusulan bangunan/gedung eks Belanda menjadi cagar budaya. Kesebelas, Festival keraton Buton dan kande-kandea akbar setiap 5 tahun sekali. Keduabelas, Pekande-kandea dalam kawasan benteng keraton setiap tahun dan yang Ketigabelas, Misi kebudayaan dan pariwisata tingkat regional/nasional/Asean.”Hal-hal ini menjadi penekasan klhusus dalam RKPD 2022 dalam mensinergikan tema pembangunan Kota Baubau tahun 2022 yakni maju dan berbudaya,”jelasnya.

Sementara itu, dalam forum konsultasi publik ini Sekda Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd  dan Kepala Bappeda Kota Baubau La Ode Aswad, S.Sos, M.Si yang turut memberikan materi. Kemudian yang Hadir pada forum konsultasi public yakni seluruh kepala OPD lingkup Pemkot Baubau termaksud Plt Kadis Kominfo Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si serta Camat dan Lurah se Kota Baubau. (**)

Penulis         : MUH SAID IDU
Fotografer   : INDRA
Redaktur    : MUH SAID IDU (Kabid IKP KOMINFO Baubau)
Produser     : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : LAODE DARUSSALAM, S.Sos, M.Si (Plt. Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Muhammad Said Idu
  • Rabu 01 2021
  • 25
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar