WALI KOTA BAUBAU : "TETAP PUPUK SEMANGAT KEBANGSAAN KITA"

WAWASAN kebangsaan adalah cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya, serta cita-citanya, yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan bangsa dan ketahanan bangsa. Demikian diungkap Wali Kota Baubau Dr. H.AS. tamrin, MH saat membuka seminar, talk show dan diskusi peningkatan wawasan kebangsaan yang digelar di Hotel Galaxy Inn, 29 Oktober 2019.

Acara ini bertema “peran forum kerukunan umat beragama bersama pemerintah dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama.” Di hadiri pula oleh Kepala Kantor Kementerian Agama - H. Rahman Ngkaali, S.Ag., M.Pd, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik – H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom.,M.Si, wakil ketua dan anggota FKUB Kota Baubau, Ketua MUI , Ketua PHDI Kota Baubau, Ketua Walubi Kota Baubau, serta tokoh agama (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Walubi) Kota Baubau.

Wali Kota mengatakan kondisi kehidupan keagamaan di Indonesia saat ini diwarnai oleh adanya perbedaan dalam pemeluk agama. Kita sudah terbiasa menerimanya dengan hidup berdampingan secara damai dalam balutan semangat kesatuan bangsa.

Namun penerimaan perbedaan saja tanpa pemahaman yang mendalam akan arti dan hakikat yang sesungguhnya dari perbedaan tersebut ternyata masih sangat rentan terhadap godaan kepentingan primordialisme dan egosentrisme individu mau pun kelompok terutama bila hal itu terkait dengan aspek politik (kekuasaan) maupun ekonomi (sumber daya manusia). Ketika godaan itu muncul, tidak jarang kedamaian menjadi terganggu.

“kita hidup di Buton ini sudah dari dulu terjalin hidup yang harmonis. Jangan ada lagi gejolak, apakah itu pengaruh globalisasi atau pun reformasi”ungkap wali kota.

Besar harapan Wali Kota ,dengan pertemuan para tokoh-tokoh agama ini yang tercakup dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bisa meredam kemungkinan-kemungkinan merebaknya kontradiksi moral, dan hoax, serta dapat menumbuhkan keadaan yang harmonis dan damai, karena didalam keharmonisasian dalam masyarakat maka pembangunan akan lancar sebagai salah satu prasyarat pembangunan kota yang baik adalah terciptanya stabilitas dalam masyarakat.(**)

  • By Admin Portal
  • Jumat 11 2019
  • 3
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar