MONIANSE HARAP DPC MASATA BANTU PEMKOT SOSIALISASIKAN SADAR WISATA

BAUBAU-Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse usai mengikuti acara pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Kota Baubau secara virtual di ruang auditorium kantor Walikota Baubau Sabtu (03/10/2020) berharap agar dengan terbentuknya DPC MASATA kota Baubau, dapat membantu pemerintah dalam mensosialisasikan pentingnya sadar wisata terhadap masyarakat.

Menurut orang nomor dua di Kota Baubau ini, terwujudnya Sapta Pesona Wisata tergantung dari kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan tempat wisata di lingkungannya. Pasalnya, para wisatawan akan merasa nyaman dan tenang ketika destinasi yang dikunjungi terjamin keamanan serta kenyamanannya. Selain itu, nilai estetika destinasi sebagai daya tarik dari para wisatawan juga perlu dijaga dan dipelihara.

“Saya percaya, Sapta Pesona yang didengungkan oleh para wisatawan akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Misalnya tertib, aman dan membawa kenangan, semuanya itu bisa terwujud kalau masyarakatnya sendiri sadar akan pentingnya keamanan dan kenyaman dalam pengembangan pariwisata di sekitarnya”, ujarnya.

Ditambahkan Monianse, dengan terbentuknya DPC MASATA Kota  Baubau masyarakat dapat teredukasi untuk terus mendukung dalam pengembangan wisata di kota Baubau. Sebab, Pemkot Baubau tidak akan mampu untuk menjalankan semua destinasi yang ada tanpa adanya keterlibatan serta kesadaran masyarakat dalam pengembangan tempat-tempat wita untuk meningkatkan perekonomiannya.

“Untuk destinasi-destinasi yang sifatnya lokal, kita harapkan adanya kesadaran masyarakat setempat agar bisa mengembangkannya dan pemerintah tinggal mensport. Kita berharap masyarakat setempat menjadi pemain utama dalam mengembangkan destinasi yang ada di lingkungannya. Dengan begitu, pertumbuhan perekonomian masyarakat juga akan meningkat”, ungkapnya.

Monianse optimis dengan adanya semangat sadar wisata, masyarakat sekitar destinasi dapat menjaga keamanan dan kenyamanan tempat wisata karena masyarakat sadar wisata akan memiliki keyakinan, dalam peningkatan dan pengembangan wisata ditentukan oleh adanya keamanan dan kenyamanan pada lokasi wisata.

“Tingkat kenyamanan dan upaya untuk bisa memberikan kenangan yang berkelanjutan, itu hanya akan terjadi apabila didukung oleh masyarakat yang sadar. Adanya kesadaran bahwa wisata itu tidak hanya semata-mata untuk tempat rekreasi tetapi di tempat wisata juga itu ada perputaran ekonomi yang dapat menunjang kehidupan masyarakat sekitar destinasi itu”, pungkasnya.

Sementara itu, ketua DPC MASATA kota Baubau La Ode Taufik S.PI menjelaskan,  setelah pelantikan tersebut pihaknya akan segera melakukan rapat kerja guna membahas program-program kerja. Pasalnya, ia berharap melalui organisasi yang dipimpinnya tersebut Baubau dapat menuju industri pariwisata yang moderen. Untuk itu, pihaknya akan menyusun program-program kerja jangka pendek dan jangka menengah.

“Kami akan melakukan sinergitas antara program daerah maupun program pusat, akan kami berikan masukan-masukan ke pusat untuk skala prioritas daripada pariwisata kota Baubau. Insya Allah kami akan bekerja semaksimal mungkin dalam hal membantu pemerintah kota Baubau, melakukan mitra kerja dalam lembaga ini. Karena lembaga ini memang harus bersinergi antara program pusat dengan program daerah”, ujarnya.

Taufik menambahkan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah Kota Baubau dalam memberikan motifasi untuk pengembangan kinerja dari organisasi yang dipimpinya tersebut. Menurtnya, setelah menggelar rapat kerja, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait sebagai upaya sinergitas antara program pemerintah dengan program kerja DPC MASATA Baubau. Ia juga mengungkapkan, jumlah anggota dari lembaga yang dipimpinya tersebut sebanyak 20 orang yang terbagi pada beberapa bidang.


Penulis            : RAZAK
Fotografer      : RAZAK   
Redaktur        : MUH SAID IDU (Kabid IKP KOMINFO Baubau)
Produser         : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : Drs. SADARMAN, M.Si (Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Admin Portal
  • Minggu 10 2020
  • 60
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar