DWP, GOPTKI DAN BKMT BERSINERGI PEMKOT BAUBAU ATASI COVID-19

BAUBAU - Gabungan 3 organisasi yakni Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Baubau, Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Baubau dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Baubau yang selama ini menjadi mitra Pemkot Baubau akan terus bersinergi dengan Pemkot Baubau terutama dalam upaya percepatan dan meminimalisasi persebaran covid-19 di Kota Baubau. Bahkan, dalam upaya membantu Pemkot Baubau dalam percepatan penanganan covid-19, gabungan ketiga organisasi DWP, GOPTKI dan BKMT ini melakukan gerakan bakti untuk negeri dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dan publikasi protokoler kesehatan dapat meminimalisasi penyebaran covid-19 yang pelepasannya dilakukan langsung oleh ketua Satgas Covid-19 Kota Baubau yang juga Walikota Baubau Dr H AS Tamrin, MH di rujab Walikota Baubau Jumat (20/11).

Saat memberikan sambutan pada pelepasan Bakti DWP, GOPTKI, BKMT untuk negeri di rujab Walikota Baubau Jumat (20/11/2020), Ketua DWP yang juga ketua GOPTKI dan BKMT Dr. Nanik Roni Muhtar mengakui, sebagai organisasi mitra strategis dari Pemkot Baubau maka tentunya pihaknya perlu mengetahui apa yang menjadi fokus pemerintahan yang dimana hari ini difocuskan bagaimana meminimalisasi penanganan covid-19. Karena itu,  DWP saat ini bukan hanya sebagai istri PNS yang hanya menikmati gaji suami tapi juga bermanfaat untuk masyarakat di mana tempat bertugas. Demikian pula dengan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) memiliki misi amanah bersinergi dengan dinas pendidikan dan bunda paud untuk saling bersama-sama membawa generasi umur cerdas dan berkarakter serta berkepribadian sesuai dengan nilai-nlai filsofi masyarakat. Anak usia dini adalah anak yang menjadi generasi emas ke depan.

Kemudian, organisasi BKMT yang merupakan tempat perkumpulan ibu-ibu dimana disitu adalah merupakan organisasi independent dengan keanekaragaman warnah dipersatukan dalam BKMT. Jikalau tombak kegiatan PKK adalah dasa wisma maka majelis taklim ada salah satunya di organisasi BKMT.Dan BKMT menjadi pelopor persatuan dan kesatuan, serta pelopor persaudaraan dalam membangun umat. Disamping itu,  majelis taklim harus meningkatkan kemampuan dan peran agar keberadaan bermanfaat bagi masyarakat. Oleh sebab itu, BKMT bukan hanya bermajelis taklim atau berpengajian di masjid sebab ada lima bidang yang dinakhodai mulai dari bidang dakwah, pendidikan, ekonomi dan sosial kemasyarakat dan hokum.

Menurut Dr. Nanik Roni Muhtar, saat ini DWP, GOPTKI dan BKMT merupakan organisasi yang bersama-sama pemerintah menjadi mitra sinergi yang akan berkosentrasi bersama Pemkot Baubau untuk bagaimana percepatan dan minimilasasi persebaran covid-19 di Kota Baubau. “Maka disini kami di tiga organiasi bekerja sama dengan Satgas covid-19 seperti yang ditetapkan dalam peraturan presiden nomor 82 tahun 2020 dimana komite penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi menghapus gugus tugas covid-19 dan membentuk satgas covid-19. Dan Satgas juga bertugas menyelesaikan kebijakan permasalahan strategis yang berkaitan dengan penanganan virus tersebut dengan cepat dan tepat sehingga didalam meminimalisasi dan upaya percepatan penanganan covid-19, Pemkot Baubau bersinergi dengan semua pihak baik dalam lingkup pemerintahan mulai dari kecamatan, rt/ rw, masyarakat maupun dengan stakeholder,”ujarnya.

Dr. Nanik Roni Muhtar yang juga istri Sekda Kota Baubau meminta kepada meminta kepada Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH sebagai ketua Satgas Covid-19 Kota Baubau untuk menjadi narasumber atau memberikan edukasi pada kegiatan bakti DWP, GOPTKI dan BKMT untuk negeri sebab pihaknya tidak memiliki kompetensi. Dan edukasi ini kana terus berlanjut karena setelah diberikan edukasi oleh Satgas Covid-19 Kota Baubau maka akan berlanjut lagi sampai ke tingkat kecamatan dan ibu camat yang akan melakukan gedukasi kepada warganya.

Sementara itu, turut hadir pelepasan bakti DWP, GOPTKI dan BKMT untuk negeri yakni Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, unsur Muspida, Sekda Kota Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd, kepala OPD dan Camat, Wakil Ketua PKK Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse dan beberapa organisasi wanita di Kota Baubau. (**)

Penulis         : MUH SAID IDU
Fotografer   : INDRA/DAYAT
Redaktur    : MUH SAID IDU (Kabid IKP KOMINFO Baubau)
Produser.     : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : Drs. SADARMAN, M.Si (Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Razak, S.Pd.
  • Minggu 11 2020
  • 56
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar