DR. NANIK RONI MUHTAR AJAK DWP MENJADI WANITA CERDAS DAN BERKUALITAS

BAUBAU - Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang merupakan kumpulan istri-istri Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak hanya berperan sebagai seorang ibu rumah tangga saja. Namun tetap mendorong suami agar selalu bersemangat dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai abdi negara. Untuk itu, sebagai ibu-ibu DWP dituntut agar dapat menjadi wanita yang cerdas dan berkualitas.

Demikian dikatakan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Baubau Dr. Nanik Roni Muhtar, melalui sambutannya pada acara pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) II DWP Kota Baubau di ruang Auditorium Kantor Wali Kota Baubau Sabtu, (21/11/2020).

Dr. Nanik Roni Muhtar mengungkapkan, kinerja organisasi yang dipimpinnya tersebut terus membangun sinergitas dengan pemerintah. Sinergitas tersebut merupakan upaya DWP Baubau dalam menyukseskan Visi Misi pemerintahan Tampil Manis yaitu Maju, Sejahtera, dan Berbudaya.

Ditambahkan, sebagai pendukung utama dari sinergitas tersebut maka sangat diperlukan kemampuan dan kecerdasan serta kualitas seorang istri ASN yang tergabung dalam DWP. Pasalnya, hanya istri yang cerdas dan berkualitaslah yang mampu mendorong suaminya untuk menjadi ASN yang produktif dan inovatif dalam kinerjanya.

“Kepada ibu-ibu yang ingin maju maka mari kita bersama-sama untuk menjadikan DWP sebagai organisasi yang memberikan pelayanan kepada keluarga serta lingkungan, lingkungan, dan masyarakat. Saya juga mengajak ibu-ibu untuk terus mencintai organisasi ini dengan tetap merasa bangga terhadap seragam dan logo organisasi”, pintanya.

Ketua DWP yang juga merupakan Istri Sekretaris Daerah Kota Baubau ini memaparkan, selam dua tahun terakhir DWP Baubau telah melakukan upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara internal dan eksternal. “SDM secara internal adalah meningkatkan kualitas ibu-ibu DWP agar menjadi cerdas dan berkualitas”, imbuhnya.

Dr. Nanik Roni Muhtar yang merupakan seorang akademisi ini menjelaskan, kecerdasan yang dimaksud bukan hanya kecerdasan berpikir. Namun kecerdasan yang paling utama adalah kecerdasan emosional yang harus dimiliki oleh setiap ibu-ibu DWP. Pasalnya, ibu yang memiliki kepribadian yang mulia pasti akan melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas.

“Dalam konteks pemerintah Kota Baubau tentu kepribadian ini adalah sesuai dengan nilai-nilai leluhur kita. Sehingga ini sangat bersinergi dengan pemerintahan Tampil Manis yang dalam program-programnya selalu dilandasi dengan nilai-nilai luhur PO-5. Yakni Pomaemaeka, Pomamasiaka, Popiapiara, Poangka angkataka dan Pobincibinciki kuli”, tuturnya.

Lebih lanjut Dr. Nanik Roni Muhtar memaparkan, nilai-nilai PO-5 tersebut pihaknya selalu menggelorakannya di hati para ibu-ibu DWP agar tetap berpikir tradisional namun berwawasan global. Menurutnya, ibu-ibu DWP boleh menjadi wanita yang maju, wanita yang berkelas tinggi serta wanita karier yang tetap tidak meninggalkan budayanya.

“Secara kodrat kita adalah ibu yang senantiasa menanamkan nilai-nilai filosofi ataupun karakter budaya masyarakat pada anak-anak kita. Kita tidak mengadopsi nilai-nilai budaya Barat untuk mendidik anak-anak kita. Namun kita tetap menyesuaikan diri dengan dunia Barat dalam hal kemajuan dan Teknologi agar kita bisa sejajar dengan organisasi-organisasi yang lain”, tandasnya.

Dr. Nanik Roni Muhtar juga menekankan, DWP Baubau harus menjadi organisasi yang terbuka. Untuk itu, perlu bagi DWP untuk bermitra dengan organisasi-organisasi yang lain dan Instansi lain demi kemajuan DWP Kota Baubau.

Dr. Nanik Roni Muhtar juga mengungkapkan, selama dua tahun terakhir ini ibu-ibu DWP sudah memberikan pohamba-hamba tidak hamya fikiri, tenaga tetapi juga arata. Ia juga mengakui, Ibu-ibu DWP selama dua tahun terakhir ini telah bekerja maksimal dengan banyaknya rentetan kegiatan yang harus diikuti dari pelaksanaan sampai penunjukan menjadi ketua panitia kegiatan.

Menurut Dr. Nanik Roni Muhtar, apa yang dilakukan tersebut merupakan proses pembelajaran untuk memimpin organisasi. “Saya sadar bahwa ini adalah sesuatu yang baru bagi ibu-ibu. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih atas kebersamaannya, loyalitas, darma baktinya serta supportnya dalam mendampingi saya menjadi ketua PAW DWP Kota Baubau selama dua tahun ini”, pungkasnya. (**)


Penulis          : RAZAK
Fotografer    : AAT/HIDAYAT
Redaktur     : MUH SAID IDU (Kabid IKP KOMINFO Baubau)
Produser      : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : Drs. SADARMAN, M.Si. (Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Razak, S.Pd.
  • Minggu 11 2020
  • 53
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar