H AS TAMRIN,: SEMANGAT KEPAHLAWANAN OPUTA YI KOO HARUS BENAR-BENAR DIWARISI

BAUBAU - Diskusi publik refleksi 1 tahun gelar pahlawan nasional Oputa Yi Koo dengan tema mengenang perlawanan pahlawan nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi Semangat Kepahlawanan Oputa Yikoo Yang menentang penjajahan Belanda di wilayah Kesultanan Buton yang digagas elemen kepemudaan di Baubau yakni Pemuda PO 5 dan  KAMMI Baubau dibuka langsung oleh Walikota Baubau Dr H AS Tamrin, MH Rabu malam (25/11/2020) di hotel zenith premiere. Dalam sambutannya, H AS Tamrin mengatakan, semangat kepahlawanan pahlawan nasional dari Buton yakni Sultan Muhammad Saidi atau yang lebih dikenal juga dengan Oputa Yi Koo harus benar-benar diwarisi oleh semua elemen di negeri ini.

Menurut H AS Tamrin, kegiatan diskusi public ini sangat diapresiasi dan menjadi penting sehingga bukan hanya seremonial saja namun hikmah dari acara ini harus diresapi. “Semangat ini harus diwarisi benar-benar jangan hanya kamuflase pernyataan dengan narasai-narasi yang indah dan ini harus komprehensif sikap dalam bertindak harus mencerminkan semangat kepahlawanan dan yang paling inti adalah nilai-nilai yang diterapkan sebab memiliki satu kesatuan yang utuh,”ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menceritakan semangat untuk menjadikan Oputa Yi Koo sebagai pahlawan nasional sudah sejak lama digaungkan sejak dirinya bertugas di kantor pertanahan Sulawesi Tenggara bersama tokoh-tokoh Buton di Kendari saat itu. Semangat itu, terus digelorakan pula ketika Walikota Baubau dijabat Drs H MZ Amirul Tamim, M.Si pada tahun 2005 lalu . Dan semangat terus bersambut dan terwujud pada tahun 2019 ketika dirinya menjabat sebagai Walikota Baubau. Karena itu, inti sesungguhnya dari semangat perjuangan ini adalah kekompakkan yang menjadi satu kekuatan yang sangat dasyat termaksud dengan kedatangan beberapa pemateri dalam diskusi seperti Bupati Buton Drs La Bakri, M.Si, Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari, SH, SIK, Dr La Ode Munafi, dan Dr Tasrifin Tahara yang sangat mencerminkan kekompakkan.

Sementara itu, usai membuka kegiatan diskusi refleksi 1 tahun kepahlawanan nasional Oputa Yi Koo, Walikota Baubau Dr H AS Tamrin, MH memaparkan materinya dengan judul nilai kejuangan dalam saraapataanguna menemukan semangat kepahlawanan Sultan Himayatuddin (Oputa Yi Koo/Lakarambau) sebagai pahlawan nasional. Demikian pula dengan Bupati Buton Drs La Bakri, M.Si, Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari, SH, SIK, Dosen Unidayan Baubau Dr La Ode Munafi, Dosen Unhas Makassar Dr Tasrifin Tahara juga turut memaparkan materi. Usai pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan foto bersama. Turut hadir dalam diskusi ini, kepala-kepala OPD se Kota Baubau, elemen kepemudaan Pemuda PO 5 dan KAMMI Baubau.

Penulis         : MUH SAID IDU
Fotografer   : INDRA/DAYAT
Redaktur    : MUH SAID IDU (Kabid IKP KOMINFO Baubau)
Produser     : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : Drs. SADARMAN, M.Si (Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Muhammad Said Idu
  • Kamis 11 2020
  • 36
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar