WA ODE NURSANTI MONIANSE : LOMBA B2SA TINGKATKAN KREATIVITAS GALI POTENSI OLAHAN PANGAN

BAUBAU - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Baubau bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Baubau menggelar lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Baubau. Lomba tersebut guna meningkatkan kreativitas ibu-ibu PKK dalam menggali potensi olahan pangan sebagai pengganti Beras.

Demikian dikatakan Wakil Ketua TP PKK Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse melalui sambutannya pada kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA/Festival Pangan Lokal Tingkat Kota Baubau Tahun Anggaran 2021 di gedung Maedani, Kamis (24/3/2021) yang turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan Sekda Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd.

“Kegiatan ini tentunya sangat strategis sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat dalam meningkatkan pemahaman akan pentingnya diversifikasi konsumsi pangan. Sehingga pada gilirannya akan mendorong penganekaragaman konsumsi pangan guna memenuhi gizi dalam meningkatkan pola hidup sehat, aktif dan produktif”, ujar Wa Ode Nursanti Monianse.

Wa Ode Nursanti Monianse juga mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai wujud dukungan TP PKK terhadap kebutuhan pangan yang seimbang dan aman dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga ia berharap agar dapat menjadi rujukan bagi perkembangan makanan olahan dengan harga murah terjangkau akan tetapi tidak mengurangi kadar gizi.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kota Baubau tersebut bertujuan agar ibu-ibu PKK Kota Baubau lebih kreatif dalam menggali potensi olahan pangan sebagai pengganti Beras. Selain itu, agar dapat mendorong kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Hasil kreativitas ini juga dapat dipersembahkan kepada keluarga sebagai menu utama pengganti Beras. Selain itu, ini juga dapat dikembangkan sebagai usaha kuliner yang dapat memberikan nilai Ekonomis dan nilai tambah terhadap pengolahan serta pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan”, imbuhnya.

Wa Ode Nursanti Monianse juga mengaku, belum lama ini pihaknya telah mengadakan Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kecamatan. Dalam lomba tersebut, 43 TP PKK Kelurahan Se Kota Baubau turut ambil bagian dalam berkompetisi. Dari hasil lomba tingkat kecamatan tersebut para juara dari tiap-tiap Kecamatan kembali berkompetisi ditingkat Kota sebagai duta Kecamatan.

“Yang mengikuti lomba B2SA tingkat Kota Baubau ini adalah para juara ditingkat Kecamatan. Dan pemenang ditingkat Kota ini akan menjadi duta Kota Baubau pada lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari nantinya. Semoga TP PKK Kota Baubau akan menjadi yang terbaik sehingga bisa sampai ke tingkat Nasional”, tuturnya.

“Ucapan terima kasih kepada peserta lomba B2SA baik tingkat kecamatan maupun tingkat Kota Baubau yang sampai hari ini masih energik mengikuti kegiatan ini. Dalam loba, menang dan kalah adalah merupakan hal yang biasa, yang terpenting adalah tindak lanjut dan penyampaian ke masyarakat tentang pentingnya Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman”, pungkasnya. (**)


Penulis         : RAZAK
Fotografer   : RAZAK
Redaktur    : MUH SAID IDU (Kabid PIK KOMINFO Baubau)
Produksi      : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : LAODE DARUSSALAM, S.Sos, M.Si (Plt. Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Razak, S.Pd.
  • Minggu 03 2021
  • 38
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar