WAWALI AJAK KEPALA KUPP BAUBAU TINGKATKAN KAPASITAS PELABUHAN

BAUBAU - Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse mengajak Kepala Kantor Urusan Penyelenggaraan Pelabuhan (KUPP) Kelas I Baubau yang baru agar terus meningkatkan kapasitas Pelabuhan Murhum. Pasalnya, selain penopang perekonomian, Pelabuhan Murhum Baubau juga sebagai halaman depan Kota Baubau.

Ajakan tersebut disampaikan La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya pada acara Pisah Sambut Kepala KUPP Kelas I Baubau. Yakni antara R. Pradigdo, SE. dengan Kapten Dahlan, MT. Selaku Kepala KUPP Kelas 1 Baubau yang baru. Acara ini diselenggarakan di Terminal 2 lantai 2 Pelabuhan Murhum Baubau, Rabu (7/4/2021).

“Pelabuhan Murhum adalah halaman depan bagi Kota Baubau, kalau pelabuhan ini bagus maka akan menjadi cerminan bagusnya Kota ini. Sehingga kami Pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Baubau sangat berterima kasih kepada bapak Pradigdo yang telah menata pelabuhan ini dengan baik”, ujar La Ode Ahmad Monianse.

Menurut Wawali,  hasil dari penataan pelabuhan tersebut, para pengguna jasa pelabuhan telah merasakan keamanan dan kenyamanannya. Selain itu, hasil dari penataan dan pengembangan tersebut, pelabuhan Murhum Baubau dapat menjadi salah satu dari lima pelabuhan percontohan yang ada di Indonesia berdasarkan penerapan kebijakan baru.

“Kemarin kita juga telah mendapatkan kesempatan untuk menjadi penyelenggara E-Ticketing (Tiket Elektronik) dan Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik. Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi pelabuhan lainnya, khususnya pelabuhan yang ada di Sulawesi Tenggara”, tuturnya.

Untuk itu La Ode Ahmad Monianse berharap, agar kepala KUPP kelas 1 Baubau yang baru yakni Kapten Dahlan, MT. dapat memberikan inovasi terbaiknya dalam menata dan meningkatkan kapasitas pelabuhan Murhum Baubau. Wawali meyakini, kepala KUPP yang baru sudah memiliki jaringan koordinasi yang kuat dengan Pemerintah Pusat.

“Saya tahu persis pak Kapten Dahlan, MT. sudah mempunya jaringan yang kuat dan sudah sangat terawat selama ini. maka mari kita gunakan potensi itu pak untuk memberikan dedikasi terbaik dalam membangun dan meningkatkan kapasitas pelabuhan Baubau sebagai penopang perekonomian di Kota ini”, ungkapnya.

Ditambahkan, pelabuhan Murhum Baubau punya dua sisi, yaitu sisi Ekonomi dan Sosial. Pada sisi Ekonomi, pelabuhan Murhum adalah salah satu penggerak utama perekonomian Kota Baubau. Sedangkan sisi Sosialnya ialah, pelabuhan Murhum sangat besar perannya dalam menunjang aktivitas masyarakat Kota Baubau dan sekitarnya.

“Pelabuhan Murhum ini, selain sebagai penggerak ekonomi dan penunjang aktivitas masyarakat Baubau dan sekitarnya, juga untuk mempermudah pendistribusian barang dan jasa. Sehingga barometer pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Tenggara biasanya diukur di Kota Baubau ini”, imbuhnya.

Lebih lanjut La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan, penataan dan pengembangan kapasitas pelabuhan Murhum sangat penting. Pasalnya, tidak sedikit dari masyarakat Baubau dan sekitarnya yang menggantungkan harapan pada pelabuhan tersebut dalam meningkatkan perekonomiannya.

La Ode Ahmad Monianse juga berharap, agar pandemi Covid-19 cepat berlalu sehingga pelabuhan Murhum dapat kembali menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya para pedagang asongan. Dengan demikian, para pedagang asongan dapat diberdayakan untuk berkontribusi dalam membangun Kota Baubau.

“Para pengusaha-pengusaha yang ada di Kota Baubau juga sangat mengharapkan agar pelabuhan ini terus tumbuh menjadi pelabuhan yang bisa menopang semua dunia usaha. Sehingga kami sangat berharap agar kepala pelabuhan yang baru dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan ini”, pungkasnya. (**)


Penulis         : RAZAK
Fotografer   : SAMSUDIN
Redaktur    : MUH SAID IDU (Kabid PIK KOMINFO Baubau)
Produksi      : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : LAODE DARUSSALAM, S.Sos, M.Si (Plt. Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Razak, S.Pd.
  • Kamis 04 2021
  • 29
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar