WALI KOTA BAUBAU HIMBAU TIM DAKWAH SAJIKAN MATERI MENYEJUKKAN

BAUBAU - Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH. menghimbau kepada tim Dakwah Kota Baubau agar dalam berdakwah senantiasa menyajikan materi yang menyejukkan. Himbauan ini disampaikan melalui sambutannya pada acara pelepasan Tim Dakwah dan Tim Safari Ramadhan Kota Baubau Tahun 1442 H/2021 M di pelataran rumah jabatannya, Jum’at (16/4/2021).  

Sebagai Kepala Daerah, H. AS Tamrin juga menitipkan beberapa hal untuk bekal para Pendakwah Kota Baubau dalam menyiarkan Islam. Di antaranya ialah agar berdakwah dengan penuh keikhlasan serta menciptakan suasana yang kondusif dengan cara saling mengasihi antara sesama, saling asih dan asuh yang dikenal dengan istilah “Pomaa-maasiaka”.

“Berikanlah materi Dakwah yang sederhana dan menyejukkan sehingga muda dipahami oleh jamaah. Bukan materi Dakwah yang kontrol versial sehingga menimbulkan keresahan bagi jamaah seperti materi tentang khilafiyah dan sebagainya. Dakwah harus bersifat menyentuh bukan menyinggung, argumen dan bukan sentimen, mengajak dan bukan mengejek”, pesannya.

Hal tersebut, menurut orang nomor satu di Kota Baubau ini merupakan materi Dakwah yang efektif dan efisien untuk mewujudkan suasana yang harmonis dan kondusif dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, Wali Kota juga berpesan agar dalam berdakwah dilakukan dengan hati yang paling tulus. Pasalnya, sesuatu yang keluar dari hati nurani akan disambut oleh hati nurani.

“Itulah beberapa hal yang saya pesankan kepada saudara-saudara sebagai bekal dalam melaksanakan aktivitas Dakwah selama bulan suci Ramadhan ini. Semoga seluruh langkah dan niat tulus dari saudara-saudara diterima di sisi Allah Subhanahu Wataala, karena kita sebagai manusia hanya wajib berusaha, namun berhasil dan tidaknya semua adalah hak prerogatif Allah Subhanahu Wataala”, ujarnya.

Ditambahkan, Kota Baubau dalam beberapa tahun terakhir ini telah mendapat prestasi yang sangat menggembirakan. Di antaranya adalah penghargaan dari Menteri Kesehatan sebagai kota sehat, penghargaan piala Adipura yang diraih secara berturut-turut, dan prestasi-prestasi lainnya yang cukup membanggakan sehingga dapat meningkatkan Prestise Kota Baubau.

“Ini semua bisa terwujud oleh karena partisipasi warga dan semua komponen masyarakat sebagai wujud kebersamaan yang kita lakukan selama ini dengan menggunakan filosofi PO-5 sebagai landasan kita dalam interaksi sosial bermasyarakat. Yaitu, Pomaa-maasiaka, Popia-piara, Poanga-angakataka, Pomae-maeaka dan Pobinc-binciki kuli”, imbuhnya.

Wali Kota dua periode ini juga meyakini, Allah SWT akan menurunkan berkahnya dari langit dan bumi jika nilai-nilai PO-5 tersebut bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, ajaran PO-5 tersebut merupakan ajaran yang berlaku secara universal yang abadi sepanjang masa. Apa pun warga negaranya dan apa pun agamanya nilai-nilai PO-5 selalu awet tidak ditelan masa.

“Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh pimpinan OPD, para Camat, dan Lurah agar senantiasa menghidupkan ruh PO-5 ini. Baik kita berada di kantor maupun di masyarakat  dengan cara memasang spanduk di setiap kantor kita masing-masing dan di berbagai titik yang ada di Kota Baubau ini, sehingga bendera PO-5 senantiasa menyebar di pelosok nusantara ini”, pungkasnya. (**)


Penulis         : RAZAK
Fotografer   : SAMSUDIN
Redaktur    : MUH SAID IDU (Kabid PIK KOMINFO Baubau)
Produksi      : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : LAODE DARUSSALAM, S.Sos, M.Si (Plt. Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Razak, S.Pd.
  • Sabtu 04 2021
  • 235
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar