PEMKOT BAUBAU DAN UMU BUTON TANDA TANGANI NASKAH KERJA SAMA

BAUBAU - Wali Kota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH. menandatangani naskah kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dengan Universitas Muslim (UMU) Buton. Penandatanganan naskah kerja sama tersebut dilaksanakan di pelataran rumah jabatan Wali Kota Baubau, Sabtu (17/4/2021).

Dalam Sambutannya H. AS Tamrin berharap, agar UMU Buton dapat berkontribusi dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda. Menurutnya, dengan SDM yang tinggi, generasi muda dapat menciptakan lapangan kerja sendi tanpa harus menggantungkan harapan untuk jadi Pegawai Negeri Sipil.

“Jadi saya ucapkan terima kasih kepada UMU Buton yang sudah membantu Pemerintah Daerah dalam upaya menciptakan generasi muda Daerah ini untuk menjadi manusia yang berkualitas. Memang kita sekarang dalam situasi penuh dilema, ketika kita berbicara isu kemiskinan dan ketersediaan lapangan kerja,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menuturkan, jika dibandingkan antara jumlah alumni perguruan tinggi dengan ketersediaan lapangan kerja sangat tidak sebanding. Pasalnya, lapangan kerja yang tersedia sangan terbatas sementara jumlah alumni dari Tahun ke Tahun berjumlah ribuan.

Namun demikian, H. AS Tamrin meyakini, saat ini banyak ruang-ruang yang terbuka yang dapat dijadikan sebagai lapangan kerja, terutama dengan meningkatnya sistem Informasi Teknologi. Untuk itu, perlu adanya terobosan yang mampu meningkatkan SDM generasi muda sehingga menjadi generasi mandiri.

“Itulah sebabnya saya berharap di UMU Buton ini juga dalam membuka program-program studi itu harus menangkap peluang-peluang. Di mana peluang-peluang itu bisa mencetak generasi muda yang siap menciptakan lapangan kerja sendiri untuk mengisi kekosongan-kekosongan yang ada,” harapnya.

“Jadi penandatanganan nota kerja sama ini harus ditindak lanjuti jangan hanya seremonial saja. Karena kita berharap agar kerja sama ini dapat membuahkan hasil yang betul-betul berkontribusi bagi pembangunan Sumber Daya Manusia di daerah kita ini,” imbuhnya.

Wali Kota dua periode ini juga menjelaskan, untuk mencapai suatu kemajuan yang maksimal, kekompakan serta kerja sama yang baik harus terjalin sesuai dengan porsi dan profesi masing-masing. Dengan demikian, Pemerintahan yang baik (Good Government) dapat terwujud.

“Good Government itu adalah terjadinya sinergi tiga domein yaitu Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Semua harus ikut berpartisipasi dalam menginspirasi, menyampaikan harapan, dan keinginan dalam menyukseskan pembangunan, sehingga kita memetik manfaat dari hasil pembangunan itu”, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Kepulauan Buton Drs. H. Ibrahim Marsela, MM. mengungkapkan, di tahun 2021 ini UMU Buton akan dibuka empat Fakultas. Yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Kewirausahaan.

“Universitas ini kami titip sama pak Wali Kota, kami berharap bahwa UMU Buton ini adalah bagian dari Pemerintah Kota Baubau. Dan kami siap mendukung sepenuhnya program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Baubau,” tuturnya. (**)


Penulis         : RAZAK
Fotografer   : RAZAK
Redaktur    : MUH SAID IDU (Kabid PIK KOMINFO Baubau)
Produksi      : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : LAODE DARUSSALAM, S.Sos, M.Si (Plt. Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Razak, S.Pd.
  • Minggu 04 2021
  • 400
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar