PEMKOT BAUBAU GELAR RAPAT PENETAPAN BESARAN ZAKAT, PELAKSANAAN NUZUL QURAN, DAN SHALAT IDUL FITRI

BAUBAU - Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Baubau, Senin (11/4/2022) telah menggelar rapat Penetapan Besaran Zakat (Zakat Fitrah, Zakat Maal, dan Infak Ramadhan), serta Pelaksanaan Nuzul Quran dan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Rapat yang dilaksanakan di aula lantai 2 Kantor Wali Kota Baubau tersebut, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd., dan turut dihadiri oleh Asisten 1 Sekretariat Daerah Kota Baubau Drs. Tamsil Tamim, M.Si., serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Baubau H. La Ode Ali Hasan.

Selain itu, juga turut dihadiri oleh unsur Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Baubau, perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Baubau, Sat Pol PP, para Camat, perwakilan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Baubau.

Dari hasil rapat tersebut Pemkot Baubau menetapkan, besaran Zakat dan Infak Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi sebagai berikut: Beras Rp. 10.000,-/Liter x 3,5 Liter = Rp. 35.000,-/Jiwa; Jagung Rp. 7000,-/Liter x 3,5 Liter = Rp. 24.500,-/Jiwa; dan Infak Rp. 10.000,-/Jiwa. Selain itu, BAZNAS Kota Baubau juga membuka ruang bagi masyarakat yang ingin membayar Fidyah, dengan biaya Rp. 35.000,-/fakir miskin

Pemkot Baubau juga menetapkan, Nuzul Quran akan dilaksanakan di Masjid An Nur Kelurahan Waborobo Kecamatan Betoambari, pada Senin malam Tanggal 18 April 2022 atau malam 17 Ramadhan 1443 Hijriah. Di mana, untuk pembawa Hikmah pada acara Nuzul Quran tersebut yang direncanakan adalah KH. ABD. RASYID SABIRIN, LC., MA.

Sementara itu, untuk pelaksana Shalat Idul Fitri, Pemkot dan PHBI Kota Baubau telah menetapkan Pelataran Pantai Kamali dan Masjid Nurul Tarbiyah (Masjid Kuba Emas) sebagai lokasi utama untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi. Tidak digunakannya Stadion Utama Betoambari disebabkan oleh kondisi lapangan yang saat ini masih dalam proses penanaman/pemeliharaan rumput.

Adapun yang akan menjadi Imam untuk Shalat Idul Fitri di Pelataran Pantai Kamali  adalah Ustaz Lalu Suharja Hambali, M.Pd. dengan Naib Imam Ustaz Imran, dan Khatib adalah DR. RUSLI IRU, M.Pd. dengan Naib Khatib H. Sanuddin, MA. Sedangkan yang akan menjadi Imam di Masjid Nurul Tarbiyah (Masjid Kuba Emas) adalah Sahril Ramadhan dengan Naib Imam Jamal, S.Ag., dan Khatib adalah Ustaz Hamdani, dengan Naib Khatib H. Muirun Awi.***


 

Penulis          : TIM REDAKSI
Foto/Peliput  : FOTO ISTIMEWA
Redaktur       : MUH SAID IDU (Kabid PIK)
Produksi        : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : LA ODE DARUSALAM , S.Sos., M.Si. (Kepala Dinas KOMINFO Baubau)

  • By Razak, S.Pd.
  • Selasa 04 2022
  • 86
  • BERITA

Komentar

Media heading 5 hours ago / Reply

Donec id elit non mi porta gravida at eget metus. Fusce dapibus, tellus ac cursus commodo, tortor mauris condimentum nibh, ut fermentum massa justo sit amet risus. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Donec sed odio dui.



Tinggalkan Komentar

Mohon berkomentarlah dengan sopan dan santun serta tidak mengandung unsur SARA, isi komentar adalah tanggungjawab penulis komentar